Baterai Laptop anti nge-Drop

Laptop – laptop produksi tahun 2000 ke atas dibuat dengan desain menggunakan baterai berbahan lithium untuk menjaga baterai laptop tidak mudah ngedrop. Tujuannya adalah agar ketika kita sedang men-charge baterai, lalu penuh, proses charge dapat berhenti secara otomatis tanpa harus melepas dari aliran listrik. Tetapi pada laptop-laptop sebelumnya, baterai akan terus men-charge sampai kita mencabut dari aliran listrik.

Apakah jika kita membeli laptop keluaran tahun 2000 ke atas tersebut sudah cukup aman baterainya ? Tidak juga. Baterai juga bisa ngedrop apabila laptop dipakai dalam waktu yang cukup lama.  Baterai yang ngedrop tidak akan bisa kembali pada kondisi awal. Untuk itu, kita harus menjaga baterai jangan semakin ngedrop.

Langkah –langkah yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah baterai tidak semakin ngedrop adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Saat baterai Anda penuh, segeralah cabut chargernya,Usahakan laptop Anda dalam keadaan mati atau sedang tidak digunakan bila ingin mencharge baterai     Usahakan mencharge ketika baterai laptop sudah benar-benar habis.

Langkah 2

Sebenarnya, kita bisa menyalakan laptop tanpa memakai baterai dengan cara memasangkan charger pada laptop dan menyimpan baterainya. Akan tetapi bila hal tersebut terus-menerus dilakukan dan baterai lama tidak menerima aliran listrik, komponen-komponen baterai bisa membeku. Kalau sudah begitu, baterai Anda sudah tidak bisa digunakan lagi.

Salah satu cara untuk menghemat pemakaian daya baterai adalah dengan mengatur Power Options pada Control Panel. Langkah- langkah nya adalah sebagai berikut :

1.         Klik Start > Control Panel.

2.         Pilih Power Options

3.         Pilih salah satu Power Schemes dan pilih Portable/Laptop

4.         Atur Turn off monitor, Turn off hard disks dan System standby sesuai kebutuhan tetapi lebih menyarankan untuk memilih yang paling kecil karena menghemat baterai.

5.         Setelah itu, klik Apply > OK

 

Langkah-langkah lain merawat baterai laptop Anda agar tidak ngedrop dan boros diantaranya:

-           Meredupkan Layar

Banyak Laptop produksi tahun 2000 an ke atas memiliki fitur untuk meredupkan layarnya sehingga baterai menjadi tahan lama. Fitur ini walaupun simple, namun memberikan peranan yang besar pada baterai laptop Anda.

-           Mengurangi penggunaan perangkat eksternal

Penggunaan perangkat eksternal yang berlebihan, seperti flashdisk, hard disk eksternal dll, dapat menguras energi baterai laptop Anda dengan cepat. Sebaiknya lepas atau bila perlu non aktifkan saja perangkat eksternal yang tidak terlalu perlu.

-           Jangan Memproses Perintah Berlebihan

Buka beberapa aplikasi yang menurut anda penting saja. Jangan membuka terlalu banyak aplikasi. Hal ini akan mengakibatkan energi pada baterai laptop anda menjadi habis.

-           Menjaga Slot Baterai Laptop Agar Tetap Bersih

Selalu membersihkan slot baterai laptop anda secara berkala dan kotoran dan debu. Bersihkan dengan menggunakan tissue kering

atau lap dengan sedikit alkohol. Bersihkan dengan hati-hati. Hal ini akan membuat alur/transfer daya dan baterai menjadi lebih efisien.

-           Mendefrag Laptop atau Komputer Secara Berkala

Sebuah Drive yang bekerja dengan keras, padahal perintah kerja yang di perintah banyak, akan disimpan dalam drive dan baterai. Jika hal ini terus berlanjut, hal ini akan menjadikan baterai cepat habis dan lama-kelamaan bisa saja menjadi drop. ***

One Response to Baterai Laptop anti nge-Drop

  1. Dmitri Kustinov

    halah baterai laptop drop ya gapapalah.. katanya mendingan batere yg rusak

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>