Jahe; Kurangi Mual Pasca Kemoterapi

Rasa hangat jahe ternyata tak cuma bermanfaat untuk menghalau masuk angin, tapi juga terbukti ampuh mengurangi rasa mual pada pasien pasca kemoterapi.

 

Studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute AS menunjukkan bahwa suplemen jahe yang diberikan selama 3 hari berturut-turut sebelum kemoterapi dalam kombinasi dengan antiemetik konvensional, secara signifikan mengurangi mual akibat kemoterapi pada pasien kanker.

Dr Julie Ryan dkk, dari University of Rochester Medical Center New York menyatakan bahwa meskipun antiemetik telah digunakan secara luas tetapi mual akibat kemoterapi tetap > 70% pada pasien-pasien kanker yang mendapat kemoterapi. Di satu sisi, sudah sejak bertahun-tahun jahe telah digunakan untuk mengurangi gejala gastrointestinal seperti mual.

Dalam studi ini diteliti sebanyak 644 pasien kanker yang menderita mual setelah pemberian siklus kemoterapi dan dijadwalkan untuk mendapat minimal 3 siklus kemoterapi tambahan. Jenis kanker yang paling sering adalah kanker payudara, kanker saluran cerna dan kanker paru-paru.

Pasien secara random mendapat plasebo dan kapsul jahe (0,5 gr; 1 gr;  1,5 gr) selama 6 hari, dimulai 3 hari sebelum hari pertama kemoterapi. Semua pasien mendapat terapi antiemetik standar pada hari pertama kemoterapi.

Penelitian ini bertujuan membandingkan perubahan tingkat rasa mual pada keempat kelompok tersebut pada hari pertama kemoterapi. Dari hasil penelitian, sebagian besar pasien melaporkan rasa mual paling berat pada hari pertama kemoterapi. Seluruh dosis jahe secara bermakna mengurangi gejala mual dibanding plasebo (p=0,003). Pengurangan gejala mual terbanyak terjadi dengan dosis jahe 0,5 gr dan 1,0 gr yaitu penurunan mual sebesar 40%.

Para peneliti menyimpulkan studi ini menunjukkan bahwa suplementasi jahe efektif terhadap gejala mual akibat kemoterapi dan pengurangan rasa mual dapat memperbaiki kualitas hidup sebagian besar pasien selama kemoterapi.***

 

(sumber : American Society of Clinical Oncology Annual Meeting 2009 Orlando, Florida AS)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: