Pengusaha Sukses Terjun ke Politik

Ada hal yang patut diteladani dari Bung Saeful, panggilan keseharian Drs. H. Saeful Muzad, MM, hidup semangat, pantang menyerah dan selalu sigap menghadapi segala tantangan. Dunia usaha, baginya sudah mendarah daging, karena bidang ini dilakoninya semenjak masih sekolah. Diilhami warisan ilmu bisnis kedua orang tuanya, ia terus berkarya walaupun dalam perjalanannya sering mendapat cobaan.
Sebagai pengusaha, memang tidak boleh ada kata malas dan hanya berpangku tangan, tetapi juga harus cerdas dalam memanajemen informasi. Karena jika hal ini diabaikan, usaha kita akan sia-sia. “Saya sudah pernah mengalami sebuah kegagalan dalam berusaha, namun kegagalan ini hendaknya menjadi ‘guru terbaik’. Kegagalan justru harus dijadikan starting point langkah ke depan, sehingga kita akan lebih berhati-hati dalam memutuskan sesuatu, terlebih di dunia bisnis,” kata Bung Saeful saat berbincang-bincang dengan Lifestyle di Bale-Bale (GR-GROUP).
Itulah kiat ayah dari dari Kasejendra Dhewanata, Azalea Dewi Aizah, Zalwa Dewi Muhaa dan Citra Dewi S dalam mengarungi dunianya sebagai pelaku bisnis terlebih pasca reformasi dan era globaliasasi saat ini. Sebuah keberanian dalam memutuskan sesuatu adalah hal yang tidak boleh ‘disepelekan’.
Tabu untuk gamang dan dihantui rasa keragu-raguan jika sudah terjun atau menekuni dunia usaha. Tentunya ini tidak berlaku dalam dunia bisnis saja, tetapi dalam kancah politik-pun falsafah ini harus diaplikasikan.
Kerja keras bung Saeful bersama istri tercinta menjadikan usahanya semakin mapan. Bermodal awal puluhan juta kini berlipat hingga ratusan juta rupiah bahkan asset usahanya mencapai angka milyaran. Ditanya kiat sukses bisnisnya, Bung Saeful maupun Ny Wedda istrinya mengatakan, kerja keras, juga karena faktor keseriusan dan kepercayaan.
Memang tidak dipungkiri kalau pebisnis yang kuat dari sisi permodalan, maka kita akan lebih leluasa dan berinovatif dalam berbisnis. Contoh, Bale-bale, pada awalnya coba-coba. Tetapi setelah berjalan beberapa tahun, ternyata tumbuh dan berkembang. Namun demikian disamping faktor permodalan, juga sistem penjualan harus tepat sasaran, utamanya adalah baik dalam pelayanan. “Bale-bale/GR-GROUP menyediakan barang-barang super apik, unik tetapi harga terjangkau (murah). Sehingga Bale-Bale & GR-GROUP banyak dikunjungi konsumen dari luar kota Banjarnegara,”ungkapnya

Terjun Dunia Politik
Keberhasilan dalam mengembangkan berbagai bisnis, ternyata membawa hoky bagi Saeful. Salah satunya, motivasi dari teman-teman seperjuangan semasa menjadi aktivis di kampus untuk ikut terjun ke dunia politik. Terutama dari sejumlah Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan Banjarnegara.
Walhasil, Sejak tahun 2001, Saeful kemudian memutuskan untuk bergabung dengan PDI Perjuangan. Pada awalnya hanya sebagai anggota/simpatisan. kemudian menjadi pengurus di desa hingga akhirnya duduk sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banjarnegara. Manakala ada motivasi untuk mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif, Saeful Muzad dengan berbagai pertimbangan, mengiyakan.
‘Berhasil’, itu kesimpulan akhirnya di dunia politik. Saeful Muzad berhasil meraih suara signifikan pada Pileg tahun 2009. Karena kemampuan manajerial yang ia miliki sangat mendukung, sejak tahun 2009 Saeful menjadi Wakil Ketua DPRD Banjarnegara hingga saat ini. Kiprah di dunia politikpun dilakoninya dengan serius dan semangat. Sehingga ia medapatkan perhatian dari sejumlah kalangan pengurus partai di Propinsi maupun Pusat.
Namun demikian, bisnis tetaplah menjadi dunianya. Bisnis yang dirintis puluhan tahun itu tetap eksis bahkan terus berkembang dan mampu menyerap puluhan tenaga kerja. Tempat usahanyanya juga tidak hanya di derah Banjarnegara saja, tetapi mulai mengembangkan sayap ke kota kabupaten tetangga seperi Purbalingga. Apa sih ‘Bale-Bale’ (GR-GROUP). Bale-Bale adalah nama perusahaan furniture yang sekarang dikelola bareng istrinya di Jalan Raya Petambakan No 1 Banjarnegara. Telp. (0286) 592707 (HP. 081 327 954111) dan (081 2276 75758).
Bale-bale (GR-GROUP) menyediakan berbagai alat kebutuhan rumah tangga, seperti sofa, tempat tidur berbagai ukuran, almari pakaian maupun hias dan banyak lagi, furnitur berbagai model, baik klasik, antik maupun modern minimalis yang ‘up to date’.
Bahkan dalam satu tahun ke depan, Bung Saeful akan menularkan kepiawaian ilmu bisnisnya melalui GR Institut. Program Lembaga ini tidak lain ‘menggodok’ calon usahawan. Oleh karena itu GR-Institut membuka kesempatan kepada siapapun yang berminat untuk menghubungi GR-Institut yang berkantor di Jalan Raya Petambakan No I.
Terkait Hari Jadi Banjarnegara, Saeful berpesan kepada segenap kader PDI-Perjuangan untuk bersatu dan berkomitmen membangun Banjarnegara. Dalam kesempatan ini juga, Bung Saeful Muzad mengucapkan Dirgahayu Banjarnegara ke-181 semoga Banjarnegara semakin maju, mandiri dan berdaya saing.
‘Heey… Tetap Semangat!’ itulah pesan heroic Bung Saeful Muzad kepada segenap jajaran simpatisan/kader dan pengurus partai untuk merapatkan barisan, bersatu memenangkan Pilgub 2013, Pileg dan Pilpres 2014 mendatang. Muchlas

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: