PT KAI BUMN Terbaik 2012

Malam Anugerah BUMN 2012 yang diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Forum Humas BUMN, dan Majalah BUMN Track di Jakarta, Kamis malam(6/12-2012) di Ballroom Hotel Four Seasons, dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan, serta dua mantan Menteri BUMN Tanri Abeng dan Sugiharto. Ketua Dewan juri Tanri Abeng mengungkapkan proses penjurian berlangsung alot dan sulit untuk menentukan yang terbaik. Diharapkan talenta yang dimiliki BUMN ini harus dipertahankan.
“55 BUMN yang ikut serta,  talentanya harus dipertahankan. Anugerah BUMN best of the best terlalu sulit karena proses inovasi merupakan hal utama,” jelas Tanri Abeng.
Dalam ajang tahunan bertema “Inovasi untuk Optimalisasi Kontribusi” tersebut, PT KAI menyi-sihkan 54 BUMN lainnya dengan memenangi juara pertama dalam dua kategori yaitu Inovasi Manajemen BUMN Terbaik, dan Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik.
Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam sambutannya mengatakan bahwa pemenang dari semua ka-tegori inovasi merupakan yang terbaik di antara yang terbaik.
“Saya menerima kabar sangat sulit menentukan pemenang masing-masing kategori karena semua perusahaan yang masuk nominasi merupakan yang terbaik,” ucap Dahlan.
Pada kesempatan itu mantan Dirut PT PLN ini juga menjelaskan, bahwa melalui inovasi pula sejumlah BUMN yang seharusnya sudah mati dapat dihidupkan kembali.
“Ada beberapa BUMN yang sudah di ‘kamar mayat’ PT. Perusahaan Pengelola Aset (PPA), namun bisa dibangkitkan kembali melalui pro-ses restrukturisasi,” tegas Dahlan.
Anugerah BUMN 2012 melombakan sebanyak 12 kategori yang didasarkan pada tiga aspek penilaian yaitu input, proses, dan output inovasi.
Jajaran juri dari acara ini dike-tuai oleh Tanri Abeng, Aviliani, Ilham Habibie, Muhammad Said Didu, Mas Achmad Daniri, Avanti Fontana, Hermawan Kartajaya, Andi Ilham Said, Bagus Rumbogo, AK, N Syamsuddin Haesy, Hadi M Djuraid. Juga Menteri BUMN Dahlan Iskan didaulat sebagai Juri Kehormatan dalam acara penganugerahan ini.
Kategori penghargaan dan penilaian ini meliputi 3 aspek yakni input, proses, dan output inovasi. Sedangkan anugerah diberikan kepada 12 kategori lain, antara lain:
1. Inovasi Manajemen BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Kereta Api Indonesia Persero.
2. Inovasi Sumber Daya Manusia BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia.
3. Inovasi GCG BUMN Terbuka BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Bank Negara Indonesia (Tbk).
4. Inovasi GCG BUMN Non-Terbuka BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Jamsostek.
5. Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Biofarma.
6. Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PTPN IV.
7. Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Pos Indonesia (Persero).
8. Inovasi Aplikasi Teknologi BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Wijaya Karya Tbk.
9. Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).
10.  Inovasi Bisnis Global BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Pertamina (Persero).
11. Inovasi Invensi Teknologi BUMN Terbaik yang dimenangkan oleh PT Batan Teknologi (Persero)
12. CEO BUMN Inovatif Terbaik yang dimenangkan oleh 5 orang yakni : Arief Yahya (PT Telkom), Emirsyah Satar (PT Garuda Indonesia), Ignasius Jonan (PT KAI), Karen Agustiawan (PT Pertamina), dan RJ Lino (PT Indonesia Port Corporation).
13. BUMN Inovatif Terbaik (Best of The Best) yang dimenangkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). wan

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: