Tabir Surya Cegah Sunburn

Dibanding ras Kaukasian, orang Indonesia beruntung karena memiliki banyak pigmen kulit, sehingga lebih terlindung dari dari kanker kulit akibat sinar UV (ultra violet).
Sinar matahari yang sampai ke bumi mengandung UVA dan UVB. UVB hanya sanmpai di permukaan kulit dan bisa menyebabkan sunburn.
UVA bisa masuk lebih ke dalam dan bisa menimbulkan keriput. Dalam jangka panjang, keduanya bisa merangsang timbulnya kanker kulit. Untuk itu, kulit harus dilindungi.
Penahan sinar matahari (tabir suya) atau sunblock sebaiknya dipakai setiap hari, dan tidak hanya saat keluar ruangan. Lapisan terluar epidermis kulit, yakni stratum corneum yang merupakan kunci dari kulit sehat, bisa rusak akibat pajanan sinar matahari. Kulit bisa gosong dan kering, seperti habis peeling karena permukaan kulit rusak. Tabir surya bukan untuk mencegah kulit menjadi gelap akibat paparan UV, melainkan menangkal efek buruknya. Jika kulit terpapar UV dalam waktu lama apalagi dengan intensitas tinggi, warna kulit akan berubah. Karena kulit secara alami membentuk pigmen untuk melindungi diri dari kerusakan. Boleh dibilang, pigmen adalah SPF alami kulit.
Tabir surya memiliki kandungan SPF (sun protektor factor) dengan derajat berbeda-beda. Makin tinggi SPF, penolakannya terhadap efek buruk sinar matahari semakin kuat. Saat ke pantai disarankan memakai tabir surya dengan SPF 30 ke atas, karena efek protektifnya hanya bertahan 4 jam, maka harus diulang.
Tabir surya sebaiknya digunakan digunakan 30 menit sebelum beraktifitas agar melekat dan bekerja dengan baik. Disarankan untuk memakainya sejak pukul 07.30 – 17.00 meski kita tidak beraktifitas di luar ruangan, bahkan ketika cuaca mendung. Tak lain karena UV dapat menembus kaca, dan mendung bukan berarti tidak ada matahari. Dengan tabir surya tidak akan terjadi sunburn. Umumnya, tabir surya sekarang berspektrum luas, melindungi kulit dari UVA dan UVB.
Wajah dan tubuh secara keseluruhan memerlukan perlindungan. Titanium dioksida sebagai zat utama tabir surya, prinsipnya sama antara tabir surya untuk wajah maupun untuk tubuh. Yang membedakan, krim campurannya. Untuk wajah biasanya lebih lembut, karena kulit wajah lebih sensitif.
Urutan pemakaian pada wajah yakni : obat (jika ada kelainan di kulit), pelembab, tabir surya, dan terakhir dekoratif (kosmetik). Kalau tidak melakukan perawatan dan perlindungan di siang hari kita terpajan matahari, krim anti aging akan percuma.

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: