Membangun Kebersamaan, Ciptakan Loyalitas

Sebuah perusahaan terdiri dari beberapa bagian yang bersinergi bersama menjadi sebuah kekuatan yang solid. Ibarat membangun sebuah bangunan, dari tanah kosong kemudian berdiri sebuah bangunan yang utuh, dibutuhkan kerjasama yang solid dan berkesinambungan. Untuk dapat menggabungkan beberapa bagian menjadi satu kesatuan yang erat hingga berdirilah sebuah bangungan yang indah.
Begitu juga dalam perusahaan. Sinergi antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnyalah yang menjadikan sebuah perusahaan dapat tumbuh menjadi perusahaan yang besar, hingga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.
Masing-masing bagian tersebut pastinya memiliki seorang pemimpin yang berfungsi untuk mengarahkan dan menjaga agar setiap pekerjaan sejalan dengan out come yang ingin dicapai bersama.
“Ini berarti seorang pemimpin memegang sebuah fungsi yang amat penting, selain untuk me-ngarahkan timnya agar dapat  be-
kerja sesuai dengan tujuan perusahaan, juga menjaga kebersamaan dan semangat kerja agar tetap optimal, sehingga hasil yang dicapai dapat maksimal,” kata Tarkiyat, SE, Kepala Cabang Balqis Magelang dalam perbincangan dengan LIFESTYLE.
Tentu ini bukan pekerjaan yang ringan. Dalam menjaga kebersamaan tim dan menjaga serta meningkatkan semangat kerja, seorang pemimpin haruslah mempunyai kemampuan untuk memotivasi anggota timnya, serta kemampuan untuk menggali sumber-sumber de-motivasi dari anggota tim, untuk nantinya dijadikan sumber motivasi dalam bekerja.
”Hal ini menjadi sangat penting mengingat para karyawan, yang notabene adalah anggota tim, merupakan pelaksana / eksekutor dari setiap strategi yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Dapat dibayangkan ketika strategi perusahaan telah dirancang dengan sangat baik, namun ”eksekutor” yang menjalankan strategi tersebut dalam kondisi de-motivasi, pastilah hasil yang dicapai tidak maksimal,” urainya.
Karena itulah, menurut pria yang baru saja berulang tahun akhir Desember 2012 lalu ini memandang pentingnya pelatihan dan motivasi bagi para manager, supervisor, team leader atau siapapun yang menjalankan fungsi sebagai pemimpin sebuah tim, agar memiliki skill dalam membangun sebuah tim yang solid, dalam sua-sana kerja yang kondusif.

Membangun Loyalitas Konsumen
Terbangunnya suasana yang kondusif, akan mendorong karyawan lebih produktif. Dan imbasnya, selain pada kemajuan peru-sahaan dan kesejahteraan mereka, karyawan pun tetap loyal. Dan dari karyawan-karyawan yang loyal ini pula, loyalitas konsumen mulai dirajut.
Diakui atau tidak, loyalitas konsumen merupakan keuntu-ngan yang paling besar bagi para pengusaha, Jadi tidak heran bila hal tersebut dijadikan sebagai tujuan akhir dalam berbisnis. Karena dengan terciptanya loyalitas konsumen yang tinggi, maka hal tersebut merupakan kabar baik bagi perkembangan bisnis kedepannya.
Keadaan tersebut menjadikan para pelaku usaha untuk mengeluarkan energi ekstra dalam menentukan strategi pemasaran yang paling menguntungkan. Baik keuntungan berupa omzet yang besar setiap bulannya maupun keuntungan non materiil berupa loyalitas konsumen yang selalu terjaga.
Loyalitas konsumen adalah terciptanya kepercayaan dan komitmen para pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, karena mereka mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa tersebut.
”Di tempat kami, salah satu contohnya adalah konsumen yang membeli lebih dari satu panci. Selain karena usahanya adalah warung makan, tentulah karena ia puas terhadap produk kami,” katanya. Sebagaimana diketahui, Balqis Pot adalah sebuah perusahaan distributor panci multifungsi. Kegunaannya yang lebih dari sekedar memasak nasi, tapi juga menggoreng, mengoven dan memanggang, menjadikan fungsi memasak jadi lebih praktis dan waktu lebih singkat. Hasilnya pun lebih empuk, tanpa mengubah rasa asli cita rasa makanan tersebut. Tak heran jika keunggulan yang dimiliki Balqis Pot ini, kemudian ditularkan dari mulut ke mulut konsumen lainnya.
Bagaimana loyalitas konsumen ini dibangun? Tarkiyat me-ngungkapkan, salah satunya adalah memberikan nilai lebih pada produk atau jasa yang ditawarkan. ”Intinya, kita memberikan  solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen.”
Kemudian, selalu memberikan yang terbaik. ”Makanya kita upayakan untuk selalu mengontrol kualitas produk maupun kualitas pelayanan. Dan jangan lupa perhatikan pula harga produk yang ditawarkan, sebab harga yang bersahabat menjadi hal paling penting bagi konsumen.”
Dan yang tak kalah penting adalah menjaga citra yang baik. Semakin baik citra sebuah produk, maka semakin loyal pula konsumen pada merek tersebut. Produk-produk dengan merek ternama, mereka berhasil mengua-sai pasar karena mereka memiliki konsumen yang loyal. Tentu ini juga harus didukung dengan sikap karyawan yang baik dalam melayani setiap konsumen maupun calon konsumen.

Konsumen, agen pemasaran terbaik
Melihat apa yang telah dicapai Balqis Magelang hingga saat ini, loyalitas konsumen ini terbukti memberi beberapa keuntungan antara lain: penjualan produk yang semakin meningkat, menciptakan peluang produk tersebut dapat menyebar dari mulut ke mulut (word of mouth). Dan secara tidak langsung, konsumen yang sudah loyal akan sangat membantu pemasaran bisnis yang sudah dijalankan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi ”agen pemasaran terbaik”, karena sebagai pembeli, mereka sudah mendapatkan bukti.                                 tyo/na

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: