Membangun Semangat Tanpa Syarat

Yth. Bapak Ouys. Bagaimana membangun semangat agar tetap stabil? Mohon tips dan masukannya. Terimakasih atas perhatiannya. (RY, Solo)

Jawaban :
Yth. Bapak RY di Solo, agar tetap konsisten dan kuat perlu dibangun atas 4 hal.

Yang pertama, emosi dibangun atas gerakan. Buatlah gerakan optimisme, kebahagiaan. Disitulah emosi akan terbangun.

Kedua, fokus kepada yang kita miliki. Kalau Bapak datang ke pesta, apa yang Anda fokuskan, kehangatan, keakraban, relationship, makanan enak, kebisingan dan lain sebagainya. Fokus pada apa yang dipersepsikan itu menciptakan sebuah emosi. Fokuslah pada yang positif.

Ketiga, keyakinan. Misalnya muncul keyakinan bahwa dunia adalah sumber kejahatan. Keyakinan ini akan menjadikan kita tidak terlibat/memberikan kontribusi dalam mencapai keberhasilan didunia. Padahal bukan dunianya yang salah dan kita wajib memenuhi kebutuhan selama di dunia. Yang keliru adalah cinta pada dunia akan menjadikan perilaku jahat, menghalalkan segala cara untuk mencapai keberhasilan dunia.

Keempat, pilihan kata. Pilihan kata memiliki kontribusi 7%, nada bicara 38 % dan gerakan 55%. Contoh, kata-kata akan memberikan persepsi yang berbeda saat ada tekanan pada nada bicara. Saat kita menyatakan perasaan cinta pada seseorang dengan nada bicara tinggi akan menunjukkan emosi kita, namun gerakan setelah menyatakan perasaan, kita meludah di depan dia. Persepsi  orang yang di depan kita akan negatif, karena pernyataan perasaan sayang/ cinta tentunya diikuti dengan gerakan terbuka, hangat dan pandangan mata yang tenang, bukan malah wajah tegang dan meludah di depan orang tersebut. Itulah cara membangun SEMANGAT TANPA SYARAT. ***

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: