Magelang Punya Meseum Kesehatan Jiwa

Magelang Punya Meseum Kesehatan Jiwa

Ada museum kesehatan jiwa di Kota Magelang, Jawa Tengah. Namanya Pawiyatan Luhur. Banyak barang-barang medis antik nan unik di meseum ini, termasuk beragam peralatan kuno yang dipakai masyarakat untuk mengobati pasien jiwa kala itu.

Sedikit mundur ke belakang, dulu, cara-cara tradisional digunakan masyarakat untuk menangani pasien gangguan jiwa. Beberapa yang lazim adalah merendam pasien dengan air dingin di dalam bak, juga dipasung kaki dan tangannya. Seiring waktu, cara-cara itu mulai ditinggalkan karena dianggap tidak manusiawi dan mulai bergeser ke obat-obatan dan terapi tertentu.

Meseum ini terletak di komplek RSJ Prof Dr Soerojo, Kota Magelang. Direktur utama RSJ Dr Soerojo, Bambang Prabowo, menyebutkan, ada sekitar 40 alat pengobatan pasien yang tersimpan di museum ini. Beberapa di antaranya adalah alat-alat medis peninggalan zaman Belanda.

Beberapa contoh alat medis koleksi Pawiyatan Luhur adalah alat suntik berbagai ukuran. Ada juga alat yang lebih modern seperti electroconvulsive therapy (ECT) yang berfungsi sebagai alat terapi kejang. Ada juga DC Shock yang berguna untuk mengantisipasi efek samping pada ECT, electro ensefalogram (EEG), mikroskop, sampai kursi dorong tua. Alat-alat tersebut sebagian tidak berfungsi karena sudah tua, sebagian lagi berfungsi dengan baik.

Berdirinya museum Pawiyatan Luhur berawal dari keinginan jajaran RSJ Prof Dr Soerojo untuk membuat tempat penyimpanan sekaligus pusat pembelajaran ilmu pengetahuan kesehatan jiwa. Tidak hanya untuk tenaga kesehatan jiwa, museum yang menempati bangunan Belanda berukuran 200 meter ini juga diperuntukkan untuk umum.

Museum Pawiyatan Luhur letaknya sangat strategis, berada di jalur jalur utama Semarang–Magelang, Jalan A Yani, Kota Magelang. Dari pemaparan Bambang diketahui, museum yang diresmikan pada 24 Oktober 2014 lalu itu adalah museum kesehatan jiwa kedua yang didirikan di Indonesia. Museum serupa ada di RSJ Dr Radjiman, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur. ****

 

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: