Cetak Lulusan Trampil Berahklaq Mulia

smk-islamic-centre-baiturrahmanSekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenis pendidikan menengah yang secara khusus mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga kerja terampil dan terlatih, serta dapat mengembangkan diri dalam rangka memenuhi pasar kerja di berbagai sektor yang selalu berkembang.
Seperti halnya berdirinya SMK Islamic Centre Baiturrahman yang terletak di Jl.Abdurrahman Saleh  No. 285 Semarang. Tak hanya sebatas menyiapkan tenaga terampil yang siap kerja, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan tenaga terampil yang berakhlak mulia.
Menurut Dra Hj. Sri Tantowiyah, M.Pd selaku kepala sekolah, hal itu sejalan dengan visinya yaitu membentuk  anak bangsa yang soleh, cerdas, terampil dan mandiri yang didasari iman dan taqwa serta berwawasan Iptek. Juga sejalan dengan misi ; berupaya menghasilkan peserta didik yang mempunyai landasan agama kuat, berilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai, taat kepada Allah dan Rasul-Nya, berbakti pada orang tua, terampil, mandiri dalam hidup serta berahklak mulia dan menjaga nama baik sekolah.
“SMK Islamic Centre mempunyai dua jurusan, yaitu Perbankan Syariah dan Teknik Jaringan Komputer. Untuk jurusan Perban- kan Syariah diharapkan bisa melahirkan  SDM lulusan lembaga Pendidikan Ekonomi Islam, dengan kompetensi yang memenuhi standart SDM yang dibutuhkan industri perbankan dan lembaga keuangan syariah.”
“Sedangkan untuk Teknik Jaringan Komputer membekali siswa dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam mengintal perangkat komputer personal dan menginstal sistem operasi dan aplikasi. Selain itu bisa menginstal perangkat jaringan berbasis lokal dan berbasis luas,” ujar Hj Sri Tantowiyah M.Pd yang juga dipercaya menjadi Sekretaris Komite Pendidikan Orang Tua Murid SMPN 3.
Ditambahkan, SMK Islamic Centre mempunyai fasilitas gedung de-ngan ruangan kelas ber-AC, Laboratorium Komputer dan Lab. Bank Mini, tempat parkir luas, Masjid, Kantin dan Hot Spot. Sedangkan kegiatan penunjang antara lain pendidikan baca tulis Al-Quran,    bimbingan pacu prestasi, English conversation, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, intensif pelajaran tambahan dan ekstra kurikuler seperti karate, bahasa Jepang, Arab dan pramuka, web design, ibadah praktis serta studi banding dan field-trip.
“Para pengajarnya merupakan sarjana lulusan dari universitas terkemuka, seperti Undip. Ada juga dari Unnes, IKIP PGRI, yang telah berkompeten di bidangnya” ujarnya.
Tentang profil lulusan, ia mengatakan, keunggulan lulusan dari Perbankan Syariah antara lain memiliki kepribadian Islam yang tercermin pada perilaku dan pada pola pikirnya. Kaffah dalam menerjemahkan etika syari’ah dalam sistem perban- kan serta kreatif, inovatif dan produktif dalam operasional perbankan syariah, dimana lingkup pekerjaannya selain di bank syariah juga bisa di BMT atau Keuangan Syariah.
“Untuk jurusan Teknik Jaringan Komputer, lingkup pekerjannya meliputi bidang network/internet, Service Provider (ISP), perkantoran umum, Supplier Komputer dan Swa Usaha,” ujar Dra. Hj. Sri Tantowiyah, M.Pd. Ia menjelaskan, intinya, SMK Islamic Centre Baiturrahman mengajarkan tentang Bisnis, Manajemen dan Wirausaha (BMW).             Tono

www.simplesharebuttons.comBerbagi dengan teman ...Facebook0Google+0Twitter0tumblrPinterest0LinkedIn0

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Refresh Image

*

You may use these HTML tags and attributes: